Bisnis jual beli rumah bekas

Faktor Penting Dalam Bisnis Jual Beli Rumah Bekas

Sedari dulu rumah bekas memang selalu memiliki daya tariknya sendiri bagi banyak orang, tidak hanya sekedar bisa dijadikan sebagai tempat tinggal saja tetapi juga sangat cocok untuk menjadi suatu kebutuhan investasi, apalagi rumah bekas juga terbukti menawarkan potensi keuntungan hingga mencapai 70% bagi pemiliknya.

Meski keuntungan yang bisa didapat tersebut tidak selamanya berasal dari margin penjualan saja, namun yang pasti rumah bekas atau rumah second jelas mampu memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan bagi pemiliknya. Yang jadi pertanyaan sekarang mungkin anda akan mulai bingung bagaimana caranya mendapatkan keuntungan besar hanya dari bisnis jual beli rumah bekas? Untuk menjawabnya, simak terus pembahasan dalam artikel seperti berikut ini.

Faktor Penting Dalam Bisnis Jual Beli Rumah Bekas

Sama halnya dengan bisnis lainnya, jual beli rumah bekas pun tak luput dari berbagai factor penting yang turut andil dalam menentukan keberhasilan anda dalam menjalani bisnis tersebut. Semakin terdukungnya factor – factor ini dalam bisnis anda, maka kian berpotensi besar bagi bisnis jual beli rumah bekas anda untuk semakin menguntungkan seperti halnya melakukan bisnis investasi lainnya.

Akses dan Lokasi

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa lokasi property yang bagus adalah yang berada di tempat strategis, itu artinya semakin strategis suatu tempat maka semakin tinggi pula nilai yang dimilikinya. Sebagai contohnya seperti dekat dengan fasilitas public atau berada di area perkotaan maka nilai rumah tersebut akan semakin tinggi pula, dekat dengan jalan besar atau malah berada di kota besar seperti Jakarta sudah dapat dipastikan bahwa nilai rumah bekas tersebut akan semakin tinggi pula.

Dengan mengetahui betapa berpengaruhnya akses dan lokasi dari suatu property, maka selalu pastikan lah bahwa rumah bekas yang akan menjadi asset dalam bisnis anda seharusnya memiliki akses dan lokasi yang bagus pula, harapannya tentu agar bisnis jual beli property yang anda lakukan bisa semakin mudah dan menguntungkan.

Bebas Banjir

Dalam kaitannya dengan resiko kerugian yang bisa saja anda terima, sebuah rumah bekas yang memiliki nilai tinggi tentu tidak hanya sekedar memiliki akses dan lokasi yang bagus saja tetapi juga harus terbebas dari resiko banjir. Perlu diketahui bahwa banjir merupakan salah satu factor yang sangat menentukan kualitas dari rumah tersebut, terkecuali jika rumah bekas tersebut berada di suatu kota besar layaknya Jakarta atau kota besar lainnya yang memang didominasi oleh lokasi yang sering mendapat banjir maka biasanya tidak akan terpengaruh besar pada nilai jual dari property tersebut.a

Namun jika anda benar-benar tidak memiliki pilihan lain dan sudah bisa dipastikan bahwa rumah bekas tersebut selalu mengalami banjir, maka setidaknya pilih lah rumah bekas yang cukup jarang terkena banjir atau setidaknya hanya terdampak karna banjir tahunan saja itupun berlangsung hanya sebentar. Yang jelas, semakin terbebas dari resiko banjir maka semakin bernilai tinggi pula rumah bekas yang akan menjadi bisnis jual beli rumah bekas anda nantinya.

Fasilitas yang Dimiliki

Tidak cukup dengan hanya berpangku pada dua factor di atas, fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah rumah baik di dalam maupun di lingkungan sekitarnya juga turut menjadi penentu tinggi rendahnya nilai jual atas property tersebut. Beberapa fasilitas public juga turut menjadi pertimbangan bagi calon pembeli ketika akan memilih hunian yang akan ditempatinya, misalnya seperti fasilitas kesehatan baik sekolah hingga universitas, serta fasilitas kesehatan dan juga fasilitas transportasi.

Tidak hanya itu saja, fasilitas seperti pusat perbelanjaan atau tempat rekreasi juga cukup menentukan nilai jual sebuah rumah bekas, jadi pastikan lah bahwa anda nantinya hanya akan berkutat dengan bisnis jual beli rumah bekas yang memiliki akses ke fasilitas public terbaik, selain dari fasilitas yang ditawarkan di dalam rumah tersebut misalnya seperti ketersediaan pasokan air, listrik, dan yang lainnya.

Rumah Layak Huni

Bagi anda yang ingin membeli rumah bekas dengan harga yang lebih terjangkau atau berada di bawah harga pasaran maka disarankan untuk membeli rumah dengan kondisi layak huni, artinya anda akan dituntut untuk melakukan beberapa perbaikan dalam rumah tersebut namun itu hanya lah sekedar perbaikan kecil saja karna yang terpenting adalah rumah itu masih layak untuk ditinggali.

Perlu diketahui bahwa rumah dalam keadaan rusak minim atau membutuhkan perbaikan kecil akan cukup menekan harga beli dari rumah itu sendiri, dengan demikian maka anda bisa memperoleh harga di bawah pasaran dan margin potensi keuntungan pun akan meningkat meski anda tetap harus rela untuk mengeluarkan uang lebih demi perbaikan di rumah bekas tersebut nantinya.

Namun untuk bisa memilih rumah bekas dalam kondisi rusak atau butuh perbaikan maka diperlukan ketelitian dalam memilihnya, anda harus benar-benar detail dalam memeriksa kekurangan yang ada di rumah tersebut demi menghindari biaya renovasi rumah yang besar.

Biaya Perawatan

Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis jual beli rumah bekas memang tidak semudah seperti halnya berjualan gorengan yang bisa laris manis dan berlangsung cepat setiap harinya, jual beli rumah tentu akan memakan waktu yang lebih lama dan itu artinya harus ada biaya lain untuk perawatan dari rumah tersebut.

Semakin lama rumah dibiarkan kosong dan belum terjual maka semakin besar pula biaya perawatan yang akan anda butuhkan, belum lagi dengan potensi kerusakan yang mungkin juga memerlukan biaya lebih. Maka dari itu, pastikan selalu bahwa anda memiliki atau telah menyediakan dana khusus sebagai biaya perawatan rumah bekas yang telah anda beli tadi, setidaknya anda bisa menyiapkannya untuk beberapa bulan atau tahun ke depan jika itu memungkinkan.

Kepemilikan Surat-Surat Lengkap

Salah satu penentu nilai jual suatu property juga bisa dilihat dari kepemilikan surat-surat yang ada untuk rumah tersebut, semakin lengkap maka semakin sah dan legal status dari rumah bekas yang ingin anda beli, maka semakin tinggi pula harga dari rumah tersebut nantinya.

Perlu diketahui bahwa biaya untuk mengurus suratsurat kepemilikan rumah tidak lah sedikit dan itu juag memerlukan waktu serta prosedur yang berbelit, jadi selalu pastikan anda mengeceknya secara detail terkait dengan surat-surat kepemilikan dari rumah tersebut. Misalnya seperti keberadaan SHM atau Surat Hak Milik, IMB atau Surat Mendirikan-Bangunan, serta Sertifikat rumah dan tanah yang lengkap.

Selain itu, tanda bukti lunas pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB juga turut berperan penting dalam penentuan harga jual suatu rumah bekas nantinya. Dengan adanya semua surat-surat tersebut maka anda pun akan semakin tenang dalam memiliki property yang anda inginkan, proses penjualan nantinya juga akan lebih mudah lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.