Cara jadi agen properti freelance

Cara Jadi Agen Properti Freelance Yang Sukses

Bidang properti yang berkembang pesat saat ini, menjadikan profesi agen properti freelance sebagai pilihan yang didambakan oleh banyak orang. Selain itu, jam kerja agen properti freelance cukup fleksibel. Lalu bagaimana cara jadi agen properti freelance? simak caranya berikut ini.

Bagi anda yang masih pemula, anda akan menjadi agen properti junior. Kemudia, jika anda sudah memperoleh banyak pengalaman dan keterampilan, anda akan menjadi agen properti senior. Bahkan bisa menjadi manajer pemasaran di perusahaan properti itu sendiri.

Agen properti bekerja sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, wajar jika agen properti mendapatkan komisi untuk setiap transaksinya. Dalam hal ini, Kemendag telah menetapkan besaran komisi dalam Permendag 51-2017 Pasal 12. Disebutkan bahwa komisi yang berhak diterima oleh agen properti adalah 2% sampai dengan 5% dari nilai transaksi.

Cara Jadi Agen Properti Freelance yang sukses

Sebelum membahas keuntungan menjadi seorang agen properti freelance, pelajari dulu langkah-langkah menjadi agen properti freelance profesional berikut ini.

Pahami Persyaratan dan Tugas Pekerjaan

Syarat utama untuk menjadi agen properti adalah jujur dan pantang menyerah. Jika anda memiliki latar belakang di bidang pemasaran, maka akan membantu juga. Kemudian, anda harus mempelajari seluk-beluk properti untuk memulai karier di bidang ini.

Mengasah Skill

Skill pertama yang harus anda miliki adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Karena sebagai agen properti freelance, anda harus berurusan dengan klien untuk membantu memenuhi kebutuhannya. Jadi, anda harus mampu membantu kebutuhan klien dan memberi solusi terbaik. Hal ini akan membangun reputasi yang lebih baik bagi karir anda di masa depan. Kedisiplinan juga akan membantu anda tetap mempertahankan etos kerja yang baik. Namun, anda juga harus istirahat yang cukup.

Tekun dan Ulet

Ketekunan dan keuletan seseorang dalam menjalankan tugasnya pasti akan membawa hasil yang baik. Menjadi seorang agen properti harus memiliki ketekunan, keuletan, dan kesabaran untuk memulai bisnis ini.

Jaringan yang Kuat

Agar mudah mendapatkan klien, anda harus memiliki reputasi yang baik dan jaringan yang kuat. Baik dari perusahaan properti dan para pengusaha di sektor properti.

Berani Melakukan Riset

Cara jadi agen properti freelance, anda harus berani melakukan riset di kota-kota besar dan di pelosok untuk melatih kemampuan dan menambah pengalaman. Karena agen properti harus memahami betul keadaan dan kondisi pasar.

Tips Tambahan

Menghadiri seminar tentang bisnis properti untuk memperluas wawasan dan jaringan anda. Anda juga bisa bergabung sebagai agen di kantor properti, namun biasanya anda akan diuji terlebih dahulu. Anda dapat belajar dari sana, dan mengembangkan potensi anda dalam bisnis.

Cara jadi agen properti freelance yang sukses, anda juga harus rajin melakukan promosi dengan cara offline ke jaringan anda dan secara online. Anda dapat memposting iklan properti yang anda jual/sewa di media sosial. Anda juga dapat membuat halaman di Facebook untuk anda menjual properti.

Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Properti Online

Jangkauan Pasar Lebih Luas

Dengan bergabung menjadi agen properti online, promosi yang anda miliki akan otomatis ditampilkan di setiap platform yang dimiliki perusahaan. Tidak hanya pasar lokal, anda juga berpeluang mendapatkan pembeli potensial dari seluruh wilayah yang dijangkau oleh agen properti.

Jika anda beroperasi di Jakarta, bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan calon pembeli dari Surabaya yang ingin memiliki aset di ibu kota. Intinya, semakin luas jangkauan yang anda milki, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Strategi pemasaran yang baik dapat memberikan anda keuntungan yang besar. Namun, anda harus bergabung dengan agen properti online yang menggunakan strategi digital marketing untuk memasarkan propertinya. Tentu hal ini juga dapat menjadi ilmu baru yang menarik untuk dipelajari.

Pembeli Bisa Datang Sendiri

Era digital membuka peluang komunikasi online yang jarang ditemui di bisnis properti konvensional. Mungkin selama ini anda menunggu calon pembeli datang. Satu-satunya kesempatan untuk melakukan promosi ke masyarakat adalah melalui pameran. Namun, biaya mengikuti pameran tidak murah, bahkan anda harus berusaha keras untuk menarik perhatian pengunjung.

Dengan bergabung menjadi agen properti online, calon pembeli bisa langsung memilih rumah yang diinginkan. Artinya, anda akan bertemu dengan calon pembeli yang sudah tertarik dengan properti yang anda jual. Promosi anda akan ditampilkan secara online selama 24 jam non-stop dan calon pembeli dapat menghubungi langsung jika tertarik.

Dapat Mengurangi Modal

Berapa modal yang sudah anda siapkan untuk pemasaran properti?. Semua pasti tahu, bahwa bisnis properti membutuhkan modal yang banyak. Minimal anda harus mengeluarkan biaya pembuatan spanduk maupun poster iklan untuk dipajang di depan properti.

Agen properti online memiliki cara tersendiri dalam memasarkan propertinya. Selain strategi pemasaran digital yang disebutkan di atas, promosi anda juga akan lebih efektif melalui media sosial, SEO, dan sebagainya. Agar anda tidak perlu mengkhawatirkan efektifitasnya, maka carilah partner agen properti online yang dapat diandalkan dan terpercaya.

Membantu Mencapai Kesepakatan dengan Pembeli dan Pemilik Kepentingan

Pernahkah anda bertemu dengan calon pembeli yang sudah cocok, tetapi akhirnya mundur karena prosedur transaksi properti yang panjang? Sebagai orang yang bergerak dalam bisnis properti, anda dituntut memiliki hubungan baik dengan bank, notaris, kontraktor, dan sebagainya untuk dapat memenuhi permintaan calon pembeli. Nah, disinilah agen properti online akan membantu anda.

Keuntungan Menjadi Agen Properti Freelance

Jika anda berpikir bahwa mencari pekerjaan saat ini terasa sulit, anda bisa menjadi seorang agen properti freelance, karena keuntungan yang bisa anda dapatkan lumayan besar. Menjadi agen properti freelance juga memiliki kelebihan tersendiri. Tentu saja pekerjaan ini bisa anda lakukan dari rumah, sehingga anda memiliki banyak waktu berkumpul bersama keluarga, bahkan merawat anggota keluarga yang sakit. Tidak ada kewajiban untuk pergi ke kantor atau mengisi absen. Tidak ada bos yang mengawasi pekerjaan anda.

Anda juga tidak memerlukan gelar sarjana untuk menjadi agen properti freelance, siapapun bisa sukses dalam bidang ini, asalkan ulet dan tekun. Komisi yang anda dapatkan ketika berhasil menjual unit rumah bisa sangat besar.

Selain mendapatkan komisi yang besar, keuntungan lainnya adalah anda bisa lebih mengenal dunia properti, teknik negosiasi, memperluas jaringan dan memahami cara menarik banyak pembeli secara online maupun offline. Jika anda termasuk orang yang suka tantangan, maka menjadi agen properti freelance dapat memenuhi keinginan anda untuk memenuhi tantangan tersebut.

Karena sebagai agen properti freelance, anda akan dipaksa bekerja keras dan mandiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah beberapa cara jadi agen properti freelance dan keuntungannya yang bisa anda ketahui, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.