Cara investasi properti untuk pemula

Cara Investasi Properti Untuk Pemula

Dari dahulu sampai sekarang, memang banyak orang yang berkecipung dalam dunia investasi. Investasi sendiri merupakan kegiatan tanam modal atau saham di sebuah perusahaan selama bertahun-tahun, bahkan ada yang sampai puluhan tahun.

Salah satu contoh investasi yaitu investasi properti, yang kebanyakan masyarakat melakukan investasi ini. Apalagi bagi investor pemula yang tertarik dengan metode investasi yang lebih aman dan praktis, investasi properti adalah pilihan yang terbaik. Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara investasi properti untuk pemula yang bisa anda pelajari.

Cara Investasi Properti Untuk Pemula

Bagi investor pemula di dunia properti, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memulainya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Membeli Properti untuk Disewakan

Cara pertama yaitu membeli properti dan menyewakannya kepada penyewa. Anda dapat membeli properti apapun, mulai dari rumah hingga properti untuk bisnis atau gudang yang banyak dibutuhkan orang saat ini.

Membeli REIT (Real Estate Investment Trust)

REIT atau bisa disebut juga DIRE (Dana Investasi Real Estat) adalah bentuk investasi properti paling mudah, sehingga menjadikannya pilihan yang menarik bagi para investor pemula. Ini adalah perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan berbagai properti, seperti rumah sakit, gudang, pusat perbelanjaan, rumah, dan banyak lagi.

Penggalangan Dana Properti

Metode investasi properti ini termasuk baru. Dengan platform crowdfunding (penggalangan dana) properti seperti Fundrise dan RealtyMogul, anda dapat berinvestasi dalam proyek properti tertentu. Platform akan mengurus pembeli dan proyek untuk memastikan apakah mereka dianggap sah atau tidak sebelum merekomendasikannya kepada anggota.

Sindikasi Properti

Sindikasi properti adalah cara lain untuk berinvestasi di properti. Di sini lah para investor akan mengumpulkan uang mereka untuk membeli atau membangun bisnis properti. Dengan cara sindikasi properti, kemungkinan besar akan lebih mudah menjalakan investasi properti dari pada berinvestasi itu sendiri.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Cara investasi properti untuk pemula ini dapat memberikan gambaran tentang berapa banyak dana yang dimiliki untuk berinvestasi di properti. Jika kondisi keuangan anda kurang, maka tidak ada salahnya meminjam di bank. Mengajukan pinjaman untuk berinvestasi bukanlah hal yang buruk.

Selama anda masih memiliki pekerjaan dengan pendapatan yang cukup, maka pinjaman bisa menjadi solusi. Namun ingat, pinjaman ini hanya sebatas tambahan dana investasi. Jangan memaksakan diri untuk mengambil pinjaman dengan porsi yang banyak, bahkan melebihi dana investasi yang dibutuhkan.

Menentukan Modal Awal

Investasi properti tentu erat kaitannya dengan modal, jadi anda harus menentukan terlebih dahulu apakah ada modalnya atau tidak. Jika anda sudah memiliki modal besar, anda bisa langsung melakukan investasi properti secara besar-besaran, baik untuk disewakan maupun dijual. Namun, jika anda masih belum memiliki modal yang banyak, sebaiknya anda berinvestasi dalam skala kecil atau menengah.

Menentukan Tujuan Investasi

Cara investasi properti untuk pemula selanjutnya adalah menetapkan tujuan investasi. Hal ini sangat penting ketika ingin mulai berinvestasi dalam dunia properti, agar kedepannya tidak salah langkah. Karena setiap orang yang ingin berinvestasi, terlebih dahulu harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan harus ada target pencapaian.

Misalnya, anda ingin berinvestasi dalam waktu 5 tahun dengan memilih properti yang jaraknya cukup jauh dari kota. Hal ini jelas salah, karena jika anda menginginkan hasil yang maksimal dari investasi jangka waktu 5 tahun harus memilih properti yang dekat dengan pusat kota atau daerah berkembang.

Menentukan Target Pasar

Setelah mengetahui tujuannya, cari tahu juga tentang pasar atau market yang anda inginkan, agar mendapatkan keuntungan berlipat dan meminimalkan kerugian. Jika tujuannya untuk tempat tinggal pribadi atau disewakan, maka yang perlu diperhatikan adalah lokasi yang strategis, akses yang dekat dengan kantor atau sekolah, fasilitas umum, transportasi yang mudah, dan hal-hal lainnya.

Jika investasi berupa apartemen, maka target pasarnya adalah para karyawan. Juga lokasinya harus di tengah kota, dekat dengan perkantoran, dekat dengan pusat perbelanjaan, tempat olahraga, dan lain-lain. Sedangkan untuk tujuan bisnis, tentukan dulu tujuan dari bisnis tersebut.

Misalnya untuk bisnis kuliner, maka carilah lokasi yang dekat dengan pusat keramaian atau perkantoran, kemudian carilah tempat dengan populasi yang baik. Sesuaikan juga dengan selera konsumen. Karena jenis usaha yang berbeda tentunya akan memiliki kriteria properti yang berbeda pula.

Rajin Melakukan Riset dan Survei

Properti sebagai bentuk investasi yang terlihat secara fisik, maka anda bisa melakukan survei dan penelitian di berbagai tempat. Karena beberapa orang yang berinvestasi di properti, mereka banyak melakukan survei. Dalam menentukan properti yang sesuai dengan tujuan dan pasar anda, ada baiknya anda melakukan survei terhadap rumah yang akan dijual.

Jika anda sudah menemukan rumah yang akan dijual, tanyakan saja berapa hargan dan detailnya. Misalnya, jika sebuah rumah seluas 100 m2 dijual seharga Rp. 2 milyar, maka harga per meternya adalah jutaan rupiah. Anda juga dapat mencari rumah di dekat anda yang akan dijual di internet dalam beberapa situs properti online terpercaya.

Hal ini berguna untuk mempersiapkan modal yang tepat saat ingin membeli properti, atau menentukan harga yang tepat saat berinvestasi. Riset dan Survei ini juga berguna untuk mengetahui apakah bangunan tersebut berkualitas baik, atau berapa biaya renovasinya, dan lainnya.

Memahami Risiko yang Akan Terjadi

Dengan cara investasi properti untuk pemula ini, anda bisa lebih mudah mengambil keputusan dan menentukan strategi investasi properti. Oleh karena itu, anda perlu bersiap dengan segala risiko agar tahu cara mengatasinya.

Mengelola Dana Investasi Properti dengan Bijak

Hal ini bertujuan agar anda bisa menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran saat berinvestasi. Dengan begitu, anda bisa melihat kemana keluarnya biaya dan berapa pendapatan yang akan anda dapatkan nantinya.

Mengapa Harus Berinvestasi di Properti ?

Alasan pertama, karena properti bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Kemudian properti dapat memberi anda kepemilikan berupa aset berwujud yang bernilai tinggi. Alasan selanjutnya, karena orang pastinya akan selalu membutuhkan tempat tinggal sebagai kebutuhan utamanya. Jika anda memilih investasi properti, anda bisa melihat bentuk properti tersebut secara langsung.

Hal ini merupakan keuntungan, karena dapat dilihat dengan pasti. Kemudian, karena harga tanah selalu naik setiap tahunnya, hal ini menjadi keuntungan jika anda memilih investasi properti. Bahkan nilai properti saat dijual bisa lebih tinggi dari harga pembelian awal.

Dalam investasi, ada investasi jangka panjang dan jangka pendek. Investasi jangka panjang biasanya lebih banyak dijadikan aset untuk masa depan. Investasi properti termasuk sebagai investasi jangka panjang, karena perkembangannya setiap tahun selalu meningkat dengan baik. Itulah beberapa Cara investasi properti untuk pemula dan keuntungannya yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.