Cara bisnis jual beli properti

Cara Bisnis Jual Beli Properti

Bisnis properti kini menjadi tren populer di Indonesia, karena banyak lahan yang dulunya tak terawat, kini dirombak menjadi bangunan mewah dengan harga terjangkau. Hal ini yang menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan. Bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun, termasuk anda yang modalnya terbatas. Begini cara bisnis jual beli properti yang bisa anda praktekkan.

Apa itu Bisnis Jual Beli Properti?

Bisnis properti adalah mengembangkan aset dengan cara membeli properti dan menjualnya kembali di kemudian hari, baik dilakukan secara perorangan atau atas nama perusahaan. Bisnis properti perorangan biasanya berupa jasa atau jual beli dalam skala kecil, karena usaha ini membutuhkan modal besar.

Sedangkan perusahaan properti merupakan kelompok yang menanamkan modal dalam jumlah besar dalam dunia properti. Biasanya mereka terdiri dari konsultan, pengadaan tanah, konstruksi, pemasaran dan pemeliharaan properti.

Bagaimana Cara Bisnis Jual Beli Properti yang Benar?

Mempelajari Properti dengan Baik

Cara bisnis jual beli properti yang pertama adalah mempelajari tentang properti atau rumah yang banyak diinginkan pembeli, mulai dari lokasi, akses, kelebihan dan kelemahannya. Lokasi yang strategis biasanya banyak menjadi pertimbangan oleh para pelaku bisnis. Seperti perumahan yang memiliki akses ke jalan tol, akses yang dekat ke kota dan kawasan perumahan yang dekat dengan berbagai industri yang sedang berkembang pesat.

Mulai dari Lingkungan Sendiri

Di lingkungan anda mungkin ada orang yang ingin membeli atau menjual rumahnya, nah dari situ anda bisa mengamati dan bergabung ketika ada pembicaraan mengenai hal ini. Tanyakan lebih detail rumah seperti apa yang anda cari dan dimana letaknya.

Saat anda baru memulai bisnis ini, pelajari dahulu cara menjalankan bisnis ini dengan baik. Lagi pula, tidak ada kesepakatan bahwa anda harus mencari rumah sampai anda mendapatkannya. Meski bisnis ini tidak ada ruginya, namun anda juga harus rajin dan fokus mencari informasi tentang properti agar hasilnya tidak sia-sia.

Melihat Tren Terbaru

Selain model pakaian, perumahan juga memiliki tren yang unik. Seperti halnya dulu banyak orang yang tertarik dengan rumah dan hunian mewah, namun kini mereka berbondong-bondong memilih hunian minimalis. Oleh karena itu, anda tidak boleh bosan mempelajari tren yang sedang populer saat ini.

Kemudian, pahami betul tentang gaya perumahan, seperti perumahan bergaya industrial. Jadi, anda harus memahami gaya perumahan industri, struktur bangunannya, dan sebagainya. Dengan begitu, konsumen akan yakin bahwa anda memang ahli di bidang properti dan memang bisa diandalkan.

Harus Jujur

Semua pekerjaan yang anda lakukan memang harus dilakukan dengan cara jujur, termasuk dalam hal properti. Jika anda mencoba untuk menutupi kekurangan di perumahan dan properti yang anda tawarkan kepada klien, mungkin klien anda akan merekomendasikan agen properti lain kepada teman-temannya, karena mereka sudah tau bahwa anda berbohong.

Hal ini tentu saja akan menyulitkan anda dalam mencari konsumen. Oleh karena itu, cobalah untuk jujur ​​dengan segala kelebihan dan kekurangan dari perumahan yang anda tawarkan. Namun, pelajari juga cara menawarkan solusi kepada konsumen dan mampu meyakinkan konsumen akan kualitas perumahan yang anda tawarkan.

Mulai dengan Properti yang Anda Punya

Semua orang pasti ingin mendapatkan investor besar untuk membantu memulai bisnisnya. Seperti membangun apartemen, perumahan, dan sebagainya. Namun, jika anda kurang beruntung, bisnis properti tetap bisa dijalankan dengan modal minim.

Jika modal anda terbatas, cara bisnis jual beli properti yang bisa anda lakukan adalah dengan memulai bisnis dari properti yang anda miliki. Misalnya usaha kost di rumah, sewa garasi untuk usaha, dan lain sebagainya yang bisa anda lakukan dengan modal minim.

Jasa Pengelolaan Rumah Kos

Anda juga bisa mengambil sisi lain dari bisnis properti ini, yakni jasa pengelolaan rumah kos. Karena tidak semua pemilik kost mengetahui cara menata kost dengan baik dan tidak memiliki waktu untuk merawat kost tersebut. Jadi, anda dapat menawarkan untuk menjadi pengelola rumah kos dan menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pemiliknya.

Membuat Situs Penjualan

Jika anda sudah nyaman menjadi penjual properti, cara yang bisa anda coba adalah membuat situs/website. Situs ini berisi properti yang saat ini anda tawarkan beserta harganya. Tujuan membuat website adalah agar anda terlihat lebih profesional di mata klien.

Membuat Merek Bisnis

Saat bisnis properti anda mulai lancar, anda bisa membuat brand atau merek bisnis sendiri agar lebih profesional. Carilah nama yang mudah diingat dan pastikan anda telah mendaftarkan nama tersebut secara legal agar tidak terjadi kesalahan. Jika tidak punya anggaran lebih, anda dapat meminjam terlebih dahulu dan berkomitmen untuk melunasinya tepat waktu.

Rajin Mengecek Perubahan Harga

Harga properti cenderung naik dari waktu ke waktu. Semisal, harga apartemen di tahun ini pasti akan berbeda dengan tahun depan. Oleh karena itu, selalu update harga dengan rajin mengunjungi situs properti atau berita terkait properti. Sehingga anda bisa mengetahui berapa persen kenaikan harga dan faktor penyebabnya.

Melihat Lokasi dan Akses

Cara bisnis jual beli properti selanjutnya adalah memperhatikan lokasi dan aksesnya, apakah lokasi tersebut strategis? apakah akses ke sana mudah?. Karena bagaimana pun juga akses dan lokasi strategis dan mudah akan meningkatkan nilai properti dan mudah untuk dijadikan lahan usaha atau dijual kembali.

Memahami Hukum Pertanahan

Dalam menjalankan bisnis properti, anda juga harus memahami hukum, terutama yang berkaitan dengan sertifikat tanah atau hukum pertanahan. Jika anda tidak memahaminya, anda mungkin mengalami masalah dalam menjalankannya. Anda bisa mempelajari hal ini di situs tepercaya atau membaca buku yang membahas tentang pertanahan dan properti.

Menciptakan Relasi Seluas Mungkin

Jika anda mempunya hubungan / relasi yang luas, maka nama anda akan menjadi lebih terkenal. Jadi, anda akan lebih mudah mendapatkan detail properti dan lebih banyak peluang untuk berkolaborasi.

3 Hal Penting dalam Bisnis Jual Beli Properti

Legalitas dan Administrasi

2 hal ini menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam cara bisnis jual beli properti, karena dapat mempengaruhi proses produksi dan jual beli di kemudian hari. Setidaknya, legalitas sertifikasi tanah dan PBB terjaga dengan baik saat memulai jual beli properti. Jadi, pastikan anda menyelesaikan semua izin / legalitas. Proses pengurusan izin mendirikan bangunan rumah memakan waktu lama, mulai penggunaan lahan hingga izin IMB dan pengurusan sertifikat tanah.

Menyiapkan Dana Pembangunan

Proses pembangunan perumahan akan memakan waktu lama. Jika tidak memiliki cukup uang, hal ini akan menjadi beban bagi anda nantinya.

Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Cara bisnis jual beli properti yang terakhir, anda harus mengutamakan kepuasan pelanggan. Hal ini bisa anda lakukan dengan membuat desain rumah yang indah, pondasi kokoh, dan lokasi yang strategis juga menjadi faktor kepuasan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.